Rabu, 10 Juni 2020

Cara Ampuh Backup Website

Cara Ampuh Backup Website - Kehilangan data adalah mimpi terburuk orang yang memiliki file komputer berharga, apakah dia adalah administrator situs web atau hanya pengguna e-mail sederhana. Terkadang, hanya satu push tombol yang salah dapat membuat semua file Anda langsung lenyap tanpa jejak. Kecuali Anda memiliki tongkat sihir yang dapat membuat file tersebut muncul kembali, secara teratur membuat cadangan file adalah suatu keharusan. Tugas ini menyimpan data ke perangkat penyimpanan lain harus rutin semua webmaster. Memiliki cadangan semua file situs web Anda sangat penting karena memberikan Anda ketenangan pikiran dalam kasus disengaja hilangnya data terjadi.

Cadangan hanya mengacu pada salinan file yang ada pada perangkat penyimpanan terpisah untuk mempertahankan data dalam kasus asli telah rusak atau dihapus. Anda memerlukan duplikat dari semua file Anda sehingga jika perusahaan hosting Anda secara mendadak menutup atau menutup akun Anda, data Anda masih aman dan terjamin. Bahkan jika Anda memiliki web host yang handal, ada juga kebutuhan bagi Anda untuk backup karena sistem komputer bisa begitu tak terduga. Satu kali server mereka memiliki file Anda dan waktu berikutnya, mereka pergi. Jadi, jika Anda sangat serius tentang menjaga situs web Anda hidup, jangan mengambil untuk diberikan pentingnya memiliki cadangan. Ini adalah 100% mungkin, mudah, dan Anda bahkan dapat melakukannya dalam beberapa cara.

1. Backup Dengan cPanel

Setiap kali Anda log in ke account hosting Anda, Anda biasanya disambut oleh halaman-seperti antarmuka yang berisi semua alat yang Anda butuhkan untuk mengelola situs web Anda. Antarmuka berbasis web ini disebut panel kontrol. Sekarang, ada jenis khusus panel kontrol yang disebut cPanel. Saat ini merupakan panel kontrol berbasis web yang paling disukai hari ini karena kenyamanan maksimal yang ditawarkan.

Untuk melakukan backup penuh menggunakan cPanel, Anda hanya perlu mencari dan klik ikon backup pada antarmuka utama. Cari menghasilkan/download backup penuh dan klik lagi. Pergi ke Home Directory di backup Destination dan berikan alamat email asli, tidak perlu mengisi kolom lainnya. Setelah itu, pilih generate backup. Ketika Anda berhasil melakukan semua ini, Anda hanya perlu menunggu e-mail yang memberitahu Anda bahwa semua file Anda siap untuk di-download FTP. Anda dapat menyimpan seluruh file dalam hard drive Anda sendiri atau di server lain jika Anda memiliki satu.

2. Mencadangkan Menggunakan Penyimpanan Online

Server Anda sudah menjadi penyimpanan online, tetapi jika Anda ingin lebih aman tentang file Anda, Dapatkan yang lain. Jika Anda memiliki uang, Anda selalu dapat membeli paket hosting tambahan, mungkin hanya satu dasar. Namun, ini bukan pilihan yang baik bagi mereka yang memiliki sumber daya keuangan yang terbatas. Jika Anda adalah salah satu orang ini, mendaftar untuk layanan penyimpanan online gratis sebagai gantinya. Namun, pilihan ini hanya disarankan untuk pemilik situs web pribadi yang tidak memiliki terlalu banyak file.

3. Backup Database Menggunakan phpMyAdmin

Database adalah repositori yang paling umum dari catatan penting. Jika Anda menjalankan MySQL, yang paling banyak digunakan program database hari ini, kemungkinan besar bahwa Anda memiliki phpMyAdmin. Sebuah alat yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP, phpMyAdmin digunakan untuk mengelola database MySQL secara efektif.

Untuk membuat cadangan dari konten database Anda, hanya log-in ke account phpMyAdmin Anda. Pada antarmuka utama, Anda akan melihat link ekspor. Klik. Anda kemudian akan dibawa ke daftar semua database Anda. Jika Anda ingin menyimpan semuanya, klik saja opsi  "Pilih Semua ". Centang kotak Simpan sebagai centang dan klik Lanjutkan. Sebuah jendela pop-up akan muncul. Ini akan meminta Anda untuk memberikan nama untuk file cadangan dan lokasi di mana Anda ingin meletakkannya. Klik OK. Selamat! Anda sudah memiliki salinan cadangan dari database Anda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar