Minggu, 04 April 2021

Perangkat Lunak Antivirus GRATIS Terbaik

Perangkat Lunak Antivirus GRATIS Terbaik - Jika Anda menduga bahwa Windows Anda telah terinfeksi oleh virus malware, Trojan, adware, spyware, dll, salah satu perhentian pertama Anda harus berada di situs web yang memungkinkan Anda mengunduh paket antivirus gratis. Banyak perusahaan menawarkan program gratis yang merupakan versi cut-down dari produk komersial mereka. Beberapa program juga tersedia sebagai freeware atau Open Source. 

Secara umum, program antivirus ini hanya gratis untuk penggunaan non-komersial. Ini berarti bahwa program ini hanya dapat digunakan di rumah atau perguruan tinggi dan hanya untuk penggunaan pribadi Anda. Jika Anda menggunakan program ini di tempat kerja, atau menginstalnya pada lebih dari satu sistem komputer pada satu waktu, Anda biasanya diharuskan membayarnya. Beberapa perusahaan meminta Anda untuk mendaftarkan perangkat lunak sebelum menggunakannya. Pendaftaran sering diperlukan jika Anda ingin dapat memperbarui program melalui Internet. Meskipun mungkin sedikit merepotkan, pendaftaran tidak membutuhkan biaya apa pun dan membantu pengembang perangkat lunak terus membiarkan orang menggunakan program mereka secara gratis.

Meskipun program antivirus mungkin menawarkan banyak fitur yang berbeda, sebagian besar bekerja dengan cara yang sama pada dasarnya. Ketika program pertama kali dimulai, ada penundaan singkat sementara itu memeriksa memori komputer dan lokasi lain untuk tanda-tanda infeksi virus. Selanjutnya, program ini biasanya akan berusaha memperbarui basis data internal informasi virus melalui Internet. Jumlah waktu yang diperlukan ini akan bervariasi sesuai dengan kecepatan koneksi Internet Anda tetapi tidak boleh memakan waktu lebih dari satu menit dari dua. Setelah pembaruan diunduh, program kemudian akan melakukan pemindaian penuh mesin Anda. Ini bisa memakan waktu lama, jadi bersiaplah untuk menunggu dengan sabar atau, lebih baik lagi, pergi dan minum kopi!

Ketika pemindaian selesai, daftar file yang terinfeksi akan ditampilkan, bersama dengan detail virus yang ditemukan. Anda kemudian dapat memilih cara menangani setiap virus. Opsi umum termasuk memperbaiki file yang terinfeksi, menghapusnya atau menempatkannya di karantina. Memperbaiki file melibatkan penghapusan virus dan memulihkan file ke kondisi sebelumnya. Tidak ada data yang akan hilang dan file dapat digunakan sebagai normal. Jika file tidak dapat diperbaiki, terkadang satu-satunya opsi adalah menghapusnya. 

Setelah dihapus, file tidak dapat dipulihkan dan data apa pun yang terkandung akan hilang selamanya. Jika file yang terinfeksi tidak dapat diperbaiki, kadang-kadang dapat ditempatkan di karantina sampai waktu seperti cara menghilangkan virus ditemukan. Meskipun file tidak dihapus, tidak akan mungkin untuk menggunakannya sampai dapat diperbaiki. File yang dikarantina dapat tetap tidak dapat diakses selama berminggu-minggu, berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Kadang-kadang, menjadi jelas bahwa tidak akan pernah mungkin untuk memperbaiki file yang dikarantina, tidak menyisakan pilihan selain menghapusnya.

Jika program antivirus gagal mendeteksi virus apa pun, ini tidak selalu berarti bahwa komputer "bersih". Mungkin saja program tertentu yang Anda gunakan tidak dapat mengidentifikasi virus tertentu. Demikian pula, sementara satu program mungkin gagal memperbaiki file yang terinfeksi oleh virus tertentu, yang lain mungkin lebih berhasil. 

Untuk alasan ini, selalu merupakan ide yang baik untuk memeriksa komputer Anda dengan dua atau lebih program antivirus jika Anda mencurigai infeksi virus. Dalam keadaan normal hanya satu paket yang perlu dipasang secara permanen. Seperti disebutkan sebelumnya Download Panda Antivirus for Windows, semua program yang tercantum di sini dapat digunakan sepenuhnya secara gratis. Selain itu, semua ditawarkan oleh perusahaan dengan reputasi baik di lapangan. Harap diingat bahwa akan ada banyak kesempatan ketika pemindai antivirus gratis tidak nyaman atau tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.